ee CQB, Apaan Tuh? | Tacteam Airsoft Club Probolinggo

CQB, Apaan Tuh?

Di dunia airsoft gun, kita kerap mendengar istilah tentang CQB. "Yuk, pekan depan CQB-an." Setidaknya itu yang sering dilontarkan Komandan Tim saat merencanakan agenda skirmish. Lha, CQB itu apa sih? Jangan-jangan kita belum paham betul maksud dari istilah ini. Hayyo... :-)

Yap, CQB itu kepanjangan dari Close Quarter Battle, istilah umum yang digunakan dalam penanggulangan teroris. Aksi CQB (atau TNI mengenal PJD-Pertempuran Jarak Dekat) itu strategi melumpuhkan lawan dalam jarak dekat dengan mengandalkan pada kecepatan, ketepatan & mematikan. CQB bertujuan mengambil alih kontrol atas situasi yang kurang menguntungkan.

Situasi gawat itu bisa berada di atas pesawat, kendaraan bermotor atau bangunan yang dikuasai oleh pihak-pihak dengan motivasi tertentu. Tentu saja pihak ini ogah mundur kecuali tuntutan mereka dipenuhi.

Dalam CQB, sangat dibutuhkan tingkat kedisiplinan yang tinggi & kecermatan setiap operatornya. Latihan rutin bisa mengasah kemampuan & insting mengantisipasi situasi tidak terduga. Jadi sekarang kita sedang bicara tentang bagaimana caranya “good guys” mendobrak masuk pertahanan yang melindungi “bad guys“.


Peralatan yang mendukung CQB pun dipilih yang betul-betul efisien karena kita sedang bicara tentang bertempur dalam situasi serba terbatas, terutama ukuran medan. Bayangin aja gimana cara geraknya begitu operator CQB menerjang masuk kamar ukuran 3×4 m?? So, persenjataan dengan ukuran kompak & ringan jadi syarat utama kalo mau sukses di CQB. [*]

Sumber: http://lapakairsoft.com
Share on Google Plus

Website Tacteam Airsoft Club Probolinggo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment